PERANAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI KELOMPOK B TK GKST EFRATA WATUSONGU KECAMATAN ULUBONGKA KABUPATEN TOJO UNA-UNA

-, DELVINI AVIANA LARI (2019) PERANAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI KELOMPOK B TK GKST EFRATA WATUSONGU KECAMATAN ULUBONGKA KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral pada anak belum
berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pengembangan nilai-nilai moral pada anak di kelompok B TK GKST Efrata
Watusongu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki
laki dan 8 anak perempuan, terdaftar pada tahun 2018/2019. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data
dilakukan dengan teknik presentase. Pada minggu pertama hasil penelitian
pengembangan nilai-nilai moral pada anak dalam aspek bertanggung jawab,
kebersihan diri dan lingkungan dan sopan santun kategori Berkembang Sangat
Baik (BSB) (0%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (22,22%),
kategori Mulai Berkembang (MB) (42,22%), kategori Belum Berkembang (BB)
(35,56%). Pada minggu keempat hasil penelitian pengembangan nilai-nilai moral
pada anak dalam aspek bertanggung jawab, kebersihan diri dan lingkungan dan
sopan santun terjadi peningkatan dengan kategori Berkembang sangat Baik (BSB)
(35,55%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (42,22%), kategori Mulai
Berkembang (MB) (20%), kategori Belum Berkembang (BB) (2,23%). Dari hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode demonstrasi
terhadap pengembangan nilai-nilai moral pada anak di kelompok B TK GKST
Efrata Watusongu. Bukti hasil pengamatan setelah dirata-ratakan minggu pertama
dan minggu keempat BSB 0% menjadi 35,55%, BSH 22,22% menjadi 42,22%,
MB 42,22% menjadi 20%, BB 35,56% menjadi 2.23%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 05 Nov 2025 08:04
Last Modified: 05 Nov 2025 08:04
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150545
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item