-, LISMAWATI (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI SMP NEGERI1 SOJOLUTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Lismawati, 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Group investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
IPA-Biologi SMP Negeri 1 Sojol Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan
Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas
keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Lilies
Tangge.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA-Biologi. Jenis rancangan penelitian yang
penulis gunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi
Experimental Designe). Menggunakan rancangan Prates-Pascates yang tidak
Ekuivalen (The Non Equivalen, Pretest-Postest Design). Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sojol Utara Tahun
Pembelajaran 2018-2019 yang berjumlah 81 siswa yang terdiri dari tiga kelas
(A,B dan C). Penentuan Sampel dengan menggunakan tehnik purposive
sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26
siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Untuk
mendapatkan data, digunakan teknik observasi, dan pemberian soal tes berupa
soal pre-test dan post-test masing-masing berjumlah 10 butir soal, Analisis data
menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for
Windows. Berdasarkan uji independent samples test angka singnifikan yang di
peroleh adalah P=0,03(p>0,05). Jadi dapat di simpulkan bahwa model
pembelajaran Kooperatif tipe group investigation berpengaruh sangat singnifikan
terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sojol Utara. Hasil uji normalitas
sebaran data bahwa didapatkan hasil signifikan kelompok eksperimen sig.
0,200>0,05 dan kelompok kontrol sig 0,101>0,05 dengan demikian semua
sebaran data berdistribusi normal. Dengan demikian disarankan kepada guru
SMP Negeri 1 sojol utara, terutama kepada guru mata Pelajaran IPA-biologi
dapat menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
terutama pada materi sistem ekskresi karena terbukti berpengaruh terhadap
peningka tan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model pembelajaran tipe group investigation (GI), hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 00:13 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 00:13 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150549 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

