PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA WACANA IKLAN MOTOR

EKAWATI (2011) PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA WACANA IKLAN MOTOR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah; bagaimanakah
penggunaan diksi dan gaya bahasa pada wacana iklan motor. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah penggunaan diksi dan gaya
bahasa pada wacana iklan motor. Manfaat penelitian (1) memberikan masukan
pada pembuat iklan agar lebih kreatif dan inovatif, (2) dijadikan alternatif sebagai
bahan pembelajaran di sekolah khususnya diksi dan gaya bahasa, (3) sebagai
acuan bagi pihak-pihak yang hendak melakukan penelitian dengan topik yang
sama. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif
melalui pendekatan analisis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan teknik padan intralingual dan teknik padan ekstralingual.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil yang sama dengan mengacu pada kajian
teori yang digunakan. Adapun hasil yang diperoleh yaitu makna denotasi
merupakan makna lugas atau makna sebanarnya yang bersifat objektif. Makna
yang ditemukan pada wacana iklan motor lebih banyak menunjukan keunggulan
sebagai kelebihan dari setiap produk yang diiklankan untuk memprsuasif pembaca
atau calon konsumen. Penggunaan diksi pada wacana iklan motor yamaha
menggambarkan bahwa produksi yamaha selalu mengeluarkan produk dengan
perubahan, desain dan gaya yang selalu baru. Pada wacana iklan motor honda
penggunaan diksi atau pilihan kata selalu memunculkan kata teknologi yang
menggambarkan bahwa setiap produksi honda memiliki teknologi yang tidak
terkalahkan. Sedangkan pada wacana iklan motor suzuki lebih memilih
penggunaan diksi yang menggambarkan bahwa produksi motor suzuki lebih
menunjukan keunggulan pada kekuatan mesin yang tidak dapat dikalahkan, dan
lebih ekslusif sesuai pilihan penggemar motor produksi suzuki. penelitian ini di
tinjau juga dari aspek makna umum dan makna khusus, serta gaya bahasa apa saja
yang digunakan dalam iklan motor tersebut. Adapun gaya bahasa atau majas yang
banyak digunakan adalah gaya bahasa penegasan yakni gaya bahasa retoris yang
ditandai dari kata-kata yang digunakan. Dari hasil penelitian ini menunjukan
bahwa penggunaan diksi menggunakan makna denotasi untuk menjabarkan
makna yang terkandung pada wacana iklan motor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Ahmad Zuhri
Date Deposited: 06 Nov 2025 00:27
Last Modified: 06 Nov 2025 00:27
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150551
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item