-, Muhammad Liga Santoso (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Number Head Together) PADA MATA PELAJARAN PKn SD NEGERI 2 TATURA. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah dalam penelitihan ini adalah apakah hasil belajar siswa dapat
meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata
pelajaran pkn SDN 2 Tatura. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V
SDN 2 Tatura dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 11 siswa laki
laki dan 22 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi
guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil observasi pelaksanaan tindakan
guru siklus I diperoleh 85,71% (baik). Pada Hasil siklus II terjadi peningkatan
sebesar 7,14% dengan hasil yang diperoleh 92,85% (baik). Sedangkan Hasil
yang didapatkan pada siklus I yaitu 80.35% (baik). informasi bahwa aspek
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masih cukup baik dan membuat
kesimpulan juga masih cukup baik dikarenakan siswa belum berani berbicara.
Hasil siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,72% dengan hasil yang diperoleh
yaitu 91,07%. Sedangkan hasil yang diperoleh berdasarkan tes hasil tindakan
penelitian pada siklus I dicapai sebesar 50% (cukup) persentase KBK tidak
mencapai persentase kriteria ketuntasan maksimal yaitu 70% maka penelitian
pada siklus I dapat dikatakan belum berhasil. Sedangkan pada siklus II
dikatakan berhasil karena persentase KBK mencapai 83.33% (baik).
Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka
telah terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar
33,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada
Mata Pelajaran PKn SD Negeri 2 Tatura.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | amrillah amil |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 01:04 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 01:04 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150559 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

