-, SRI WULAN (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FPB DAN KPK SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PALU BARAT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Sri Wulan, 2012 “Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe STAD untuk
Meningkatkan Hasil Belajar FPB dan KPK Siswa Kelas V SD Negeri
2 Palu Barat”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako Palu. Pembimbing (I) Abdul Hamid ,
pembimbing (II) Hj. Akina
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Faktor
Persekutuan Terkecil (FPB), Kelipatan Persekutuan Terkecil
(KPK)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar khususnya materi FPB dan
KPK pada siswa kelas V SD Negeri 2 Palu Barat.
Rumusan masalah pada penelitian ini “Bagaimana penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar khususnya materi FPB dan
KPK pada siswa kelas V SD Negeri 2 Palu Barat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk
meningkatkan hasil belajar khususnya materi FPB dan KPK pada siswa kelas V SD
Negeri 2 Palu Barat.
Penelitian tindakan kelas ini, ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari
4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi.
Tindakan penelitian dalam setiap siklus dilakukan dengan cara memanfaatkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk menyelesaikan soal matematika tentang
faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Adapun
yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Palu Barat
Kecamatan Palu Barat Kotamadya Palu tahun pelajaran 2010/2011, jumlah siswa 40
yang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian tindakan kelas ini dapat dilakukan
dengan beberapa cara, antara lain : Membagi siswa dalam beberapa kelompok belajar
yang beranggotakan 4-5 orang secara heterogen untuk bekerja secara kelompok.
Membagikan kartu bilangan dan LKS pada masing-masing kelompok. Siswa yang
pintar dijadikan tutor untuk membimbing anggota kelompok. Guru melakukan
evaluasi pada kelompok maupun individu. Guru memberikan penghargaan atas hasil
belajar yang dilakukan siswa.
Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi FPB
dan KPK dapat meningkat dari 67,5% pada siklus 1 menjadi 82,5% pada siklus 2 di
SD Negeri 2 Palu Barat.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:18 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:18 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150568 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

