HUBUNGAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BUMI SAGU

-, NINING SUGIARTI (2019) HUBUNGAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BUMI SAGU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu metode mengajar guru. Adapun tujuan
penelitian ini adalah : untuk mengetahui hubungan antara metode mengajar guru
terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif
kuantitatif dengan subjek penelitian adalah Siswa kelas V yang berjumlah 26
orang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Adapun
teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
dokumentasi, angket. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari lokasi
penelitian digunakan 1 teknik yaitu teknik deskriptif yang dimaksudkan untuk
memberikan gambaran tentang Hubungan antara metode mengajar guru terhadap
hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu dengan menggunakan persentase
(%) kemudian dinarasikan untuk mengambil kesimpulan. Hasil belajar siswa,
dilihat dari 26 siswa, terdapat 2 siswa atau atau 7,7% yang hasil belajarnya baik
sekali, 16 siswa atau 61,5% yang hasil belajarnya baik dan 8 siswa atau 30,8%
yang hasil belajarnya cukup, tidak ada seorang pun atau 0% yang hasil belajarnya
kurang, dan tidak ada seorang pun atau 0% yang memiliki hasil belajar gagal.
Untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan antara metode mengajar guru terhadap
hasil belajar siswa maka dikonsultasikan pada taraf signifikan α = 95% dengan
kriteria pengujian yaitu apabila rhitung < rtabel maka Ho (hipotesis nol) ditolak dan
apabila rhitung > rtabel Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan data yang
ditemukan dalam penelitian ini, bahwa analisis korelasional yang dikonsultasikan
pada taraf signifikan α = 95% diperoleh rhitung > rtabel, atau 0,605 > 0,388. Artinya
Ha (hipotesis alternative) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Jadi dapat
disimpulkan bahwa ada Hubungan antara metode mengajar guru terhadap hasil
belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:08
Last Modified: 06 Nov 2025 02:08
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150579
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item