-, FILDA MOHAMMAD SAID (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Filda Mohammad Said, 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Menggunakan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 3 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muhammad Ali (II) I
Komang Werdhiana
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media Sederhana, Hasil
Belajar.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model
pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media Sederhana terhadap hasil
belajar IPA fisika siswa SMP Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini merupakan
eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Teknik Sampling
yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel
penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B
sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar IPA fisika berupa tes pilihan
ganda yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Berdasarkan tes hasil
belajar IPA fisika pada materi getaran dan gelombang yang diperoleh,
menunjukan bahwa nilai rata – rata untuk kelas eksperimen yaitu 20,00 dengan
standar deviasi sebesar 3,21 dan nilai rata – rata hasil belajar siswa untuk kelas
kontrol yaitu 16,90 dengan standar deviasi sebesar 3,11. Hasil uji t dua pihak
dengan dk = 60 dan taraf signifikansi = 0,05 diperoleh nilai thitung = 3,92 dan
nilai ini lebih besar dari ttabel = 2,00. Hal ini berarti, nilai thitung berada di luar
daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing
menggunakan media sederhana terhadap hasil belajar IPA fisika siswa SMP
Negeri 3 Palu. Dengan kata lain, nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi
dibanding dengan kelas kontrol.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:16 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:16 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150625 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

