MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS V SD INPRES BARU

-, NURGITA SARI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS V SD INPRES BARU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nurgita Sari, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Kelas V SD Inpres Baru,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP,
Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah
Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar yang dimiliki siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Discovery Learning. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan hasil belajar yang dimilki siswa. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas, yang dilaksanakan di SD Inpres Baru, melibatkan 34 orang siswa
terdiri atas 20 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki yang terdaftar
pada tahun ajaran 2018/2019, menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.
Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh presentase daya serap klasikal
siswa sebesar 69,70 % serta presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,58 %.
Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasiakl siswa sebesar
80,58 %, serta presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,11 %. Berdasarkan
presentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, maka telah terjadi
peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 13,53 %,
sedangkan KBK mengalami peningkatan sebesar 0,88 %. Rata-rata aktivitas kegiatan
guru dan siswa dalam penelitian aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I 87%
pertemuan II 89%, aktivitas guru pertemuan I 90% pertemuan II 91% meningkat
pada siklus II aktivitas siswa pertemuan I 90% dan pertemuan II 95,23% kategori
sangat baik, dan aktivitas guru pertemuan I 91% dan pertemuan II 95,23% kategori
sangat baik. Dengan demikian dapat dismipulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan metode Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS melalui metode pembelajaran Discovery Learning kelas V
SD Inpres Baru.
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Metode Discovery Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:37
Last Modified: 06 Nov 2025 04:37
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150637
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item