-, ADE IRMA (2019) DAMPAK PENERAPAN FULL DAY SCHOOL PADA PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NEGERI 14 PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Ade Irma, A 321 15 122. Dengan judul penelitian Dampak Penerapan Full Day
School pada Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri 14 Palu. Program Studi Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Imran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dampak penerapan full
day school pada pembelajaran siswa di SMP Negeri 14 Palu. Penelitian di laksanakan
dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 34
orang. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan full day school
memiliki manfaat dan tujuan untuk perbaikan dan kepentingan pembelajaran siswa.
Penerapan full day school di SMPN 14 Palu memiliki dampak positif dan negative.
Dampak positif yang dirasakan pihak sekolah baik guru maupun siswa yaitu yang
pertama sekolah yang menerapkan system full day memiliki hari libur yang panjang
yakni 2 hari dalam 1 minggu pada hari sabtu dan hari minggu sehingga baik guru
maupun siswa memiliki waktu berkumpul bersama keluarga di rumah. Penerapan full
day school di SMPN 14 Palu juga dirancang untuk meningkatkan sisi keagamaan
siswa dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan seperti
melakukan dzikir tiap hari jumat bagi siswa yang beragama islam dan ibadah bagi
siswa beragama lain seperti Kristen dan hindu beribadah sesuai agamanya masingmasing, kemudian dilakukan pembiasaan bagi siswa muslim untuk melaksanakan
sholat dzuhur dan ashar bersama-sama. Kegiatan-kegiatan yang ada pada sekolah
yang menerapakan full day school memiliki peranan penting dalam membentuk sikap
dan karakter siswa menjadikan siswa lebih baik lagi. Akan tetapi tidak bisa
dipungkiri penerapan full day school di SMPN 14 Palu juga memiliki dampak
negative dalam proses pembelajaran siswa terutama saat siswa belajar di kelas pada
jam terakhir yaitu pada jam ke 8 dan jam ke 9 siswa yang merasa kelelahan biasanya
mudah merasa bosan dan mengantuk sehingga tidak sedikit siswa yang kurang
memperhatikan penjelasan guru dan keluar masuk kelas saat jam belajar berlangsung.
Kata Kunci : Dampak Penerapan Full Day School, Pembelajaran Siswa
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:52 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:52 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150641 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

