-, HILDA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS IV SD INPRES 2 BESUSU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Inpres 2 Besusu? Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Inpres 2 Besusu melalui metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 2 Besusu, melibatkan 17 orang siswa terdiri atas 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian Pada tes awal tuntas klasikal tes diperoleh 5 orang siswa (29,4%) dan belum tuntas 12 orang siswa (70,5%). Untuk tes akhir setelah siklus I tuntas klasikal diperoleh 7 orang (41,17%) dan yang belum tuntas diperoleh 10 orang (58,82%). untuk tes akhir setelah siklus II tuntas kisikal diperoleh 15 orang siswa (88,2%) dan yang belum tuntas mencapai 2 orang siswa (11,7%), maka hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran dikelas IV SD Inpres 2 Besusu dinyatakan berhasil dan mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Bermain Peran
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | amrillah amil |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 05:22 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 05:22 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150647 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

