-, DEYS CHRISTY N. BENU (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA REALITA DI TK GETSEMANI LEMPE KABUPATEN POSO. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan
media realita dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Getsemani
Lempe Kabupaten Poso?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan
kognitif anak melalui penggunaan media realita di TK Getsemani Lempe
Kabupaten Poso.
Setting penelitian ini yaitu anak di TK Getsemani Lempe yang berjumlah 17 anak
terdiri dari laki-laki 10 anak dan 7 anak perempuan. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah model tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan cara observasi,
tindakan, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang dikumpulkan, ternyata diperoleh hasil yang cukup
signifikan tentang peningkatan kemampuan kognitif anak melalui penggunaan
media realita di TK Getsemani Lempe. Data yang dikumpulkan sebelum
dilaksanakan tindakan yaitu, pada pengamatan menyebutkan nama buah-buahan
5,88% kategori BSB, 11,76% kategori BSH, 17,64% kategori MB dan 64,70%
kategori BB. Pengamatan kegiatan menghubungkan angka dengan gambar buah
buahan 11,76% kategori BSB, 11,76% kategori BSH, 17,64% kategori MB, dan
58,82% kategori BB. Pengamatan kegiatan mengelompokkan 4 macam buah
buahan 5,88% kategori BSB, 5,88% kategori BSH, 11,76% kategori MB, dan
76,47% kategori BB. Pengamatan kegiatan menunjukkan dan menyebutkan
bagian buah-buahan 5,88% kategori BSB, 11,76% kategori BSH, 11,76% kategori
MB, dan 70,58% kategori BB Selanjutnya setelah dilaksanakan tindakan kelas,
diperoleh hasil akhir pada siklus II yaitu, pada pengamatan menyebutkan nama
buah-buahan 29,41% kategori BSB, 58,82% kategori BSH, 5,88% kategori MB
dan 5,88% kategori BB. Pengamatan kegiatan menghubungkan angka dengan
gambar buah-buahan 35,29% kategori BSB, 52,94% kategori BSH, 5,88%
kategori MB, dan 5,88% kategori BB. Pengamatan kegiatan mengelompokkan 4
macam buah 35,29% kategori BSB, 47,05% kategori BSH, 11,76% kategori MB,
dan 5,88% kategori BB. Pengamatan kegiatan menunjukkan dan menyebutkan
bagian buah-buahan 35,29% kategori BSB, 52,94% kategori BSH, 5,88% kategori
MB, dan 5,88% kategori BB.Melihat data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media realita dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif
anak di TK Getsemani Lempe Kabupaten Poso.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | amrillah amil |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 05:47 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 05:47 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150655 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

