MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS V SD INPRES POMBEWE

-, SISKA DAMAYANTI PONULELE (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS V SD INPRES POMBEWE. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS melalui metode pemberian tugas di Kelas V SD Inpres Pombewe.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara
bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil
belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode pemberian
tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD
Inpres Pombewe. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari
siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 60% dan daya serap klasikal
50% menjadi 96% untuk ketuntasan belajar siswa dan 85,6% untuk daya serap
klasikal pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I 56,08% pada siklus II terjadi
peningkatan mencapai 96% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas
siswa pada siklus I 50% dengan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan
mencapai 97,5% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 06 Nov 2025 05:54
Last Modified: 06 Nov 2025 05:54
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150656
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item