-, WINDA (2019) PENGGUNAAN METODE EDUTAINMENT BERBANTUAN ANIMASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 5 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini : Apakah terdapat peningkatan hasil
belajar fisika siswa melalui penggunaan metode Edutainment berbantuan animasi
komputer. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar fisika siswa melalui penggunaan metode Edutainment berbantuan
animasi komputer. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen quasi dengan desain
non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Teknik Sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah
kelas X IPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai
kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam
bentuk soal pilihan ganda. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rerata tes awal
(pretest) kelompok eksperimen 8,38 dengan standar deviasi 2,66 dan tes awal
(pretest) kelompok kontrol yaitu 7,58 dengan standar deviasi 3,10. Dan nilai
rerata tes akhir (posttest) kelompok eksperimen 14,38 dengan standar deviasi 3,10
dan tes akhir (posttest) kelompok kontrol yaitu 11,31 dengan standar deviasi
2,97. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh
pada taraf nyata
daerah penerimaan
.
Ini berarti bahwa nilai
dan
berada diluar
. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
hasil belajar fisika siswa melalui penggunaan metode Edutainment berbantuan
animasi komputer.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | amrillah amil |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 06:07 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 06:07 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150659 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

