MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VI SD NEGERI KELE’I

-, ESTERFINA VINOLIA DJOENGKADJU (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VI SD NEGERI KELE’I. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SD
Negeri Kele’i pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan
hasil belajar IPS di SD Negeri Kele’i. Subyek penelitian berjumlah 17 siswa yang
terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada
siklus I presentase DSK siswa sebesar 67.4% serta presentase KBK siswa sebesar
52.9%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase DSK siswa sebesar 81.5%,
serta presentase KBK siswa sebesar 88.2%. Berdasarkan presentase ketuntasan
hasil belajar siklus I dan siklus II telah terjadi peningkatan. Presentase nilai rata
rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 74.4% dan aktivitas siswa sebesar 73.8%.
Sedangkan pada siklus II presentase nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 86.6%
dan aktivitas siswa sebesar 84.8%. Berdasarkan presentase nilai rata-rata aktivitas
guru dan siswa siklus I dan II telah terjadi peningkatan. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery
learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VI SD Negeri Kele’i.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 06 Nov 2025 06:34
Last Modified: 06 Nov 2025 06:34
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150671
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item