PENGEMBANGAN EMOSI ANAK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B1 RAUDHATUL ATHFAL (RA) AL-IKHLAS KELURAHAN BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN

-, MARIAM (2018) PENGEMBANGAN EMOSI ANAK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B1 RAUDHATUL ATHFAL (RA) AL-IKHLAS KELURAHAN BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini tentang Pengembangan Emosi Anak dalam Kegiatan
Pembelajaran di Kelompok B1 Raudhatul Athfal (RA) Al-Ikhlas Kelurahan
Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengembangan emosi anak yang ada di Kelompok B1 RA Al-Ikhlas Kelurahan
Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan 4 tehknik yaitu, dokumentasi, observasi,
angket, atau kuesioner, dan wawancara. Subyeknya yaitu, 5 dari 15 anak didik
yang memiliki emosi negatif. Perilaku setiap anak yaitu, suka memukul,
menendang, membuat keributan di dalam kelas dengan berteriak, menangis jika di
tinggal oleh orang tuanya, suka mengganggu dan sering menyembunyikan
mainan, buku, ataupun pensil temannya, memilih-milih teman, berkata-kata kasar,
dan ada anak yang pendiam. Dari hasil observasi yang diperoleh pada minggu
pertama dan minggu kedua, belum menunjukkan dampak perubahan
pengembangan emosi positif. Hasil observasi minggu ketiga hingga ke-empat
perubahan pengembangan emosi anak mengalami perubahan perilaku sesuai
dengan yang di harapkan. Dapat diamati dari tingkah laku ke-5 anak tersebut,
yang lebih tenang dalam mengekspresikan emosinya (tidak memberontak bila
menginginkan sesuatu), tidak menangis jika di tinggal oleh orang tuanya, bergaul
dengan semua anak tanpa memilih-milih teman, cara berkomunikasi anak dengan
orang lain terlihat lebih sopan dan santun, anak lebih percaya diri, berani untuk
maju di depan kelas, serta lebih mengenal dan memahami emosi yang di rasakan
seperti sedih, marah, senang, dan takut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa
pengembangan emosi anak dengan kegiatan pembelajaran yang diberikan,
memberi manfaat yang positif bagi pengembangan emosi anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 06 Nov 2025 06:52
Last Modified: 06 Nov 2025 06:52
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150680
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item