Penggunaan Strategi KWL untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dampal Selatan

-, Moh. Kadri (2019) Penggunaan Strategi KWL untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Strategi KWL
dapat meningkatkan pemahaman membaca Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dampal
Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental.
Populasi adalah siswa SMA Negeri 1 Dampal Selatan dan sampel penelitian ini
dipilih dengan teknik random sampling, dimana kelas XE sebagai kelompok
eksperimen dan kelas XA sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data
adalah tes dibagi menjadi pre-test dan post-test. Data yang terkumpul dianalisis
secara statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata kedua tes
dimana skor rata-rata kelompok eksperimen meningkat dari 58,82 menjadi 71,31
dan skor rata-rata kelompok kontrol meningkat dari 53,31 menjadi 60,95. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai tcounted (2,144) lebih besar dari nilai ttable
(1,999) dengan menggunakan 0,05 tingkat signifikansi dan tingkat kebebasan (df)
38 + 37-2 = 73. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan
kata lain, penerapan strategi KWL dapat meningkatkan pemahaman bacaan
siswa kelas X SMA 1 Dampal Selatan. Strategi KWL efektif untuk meningkatkan
pemahaman bacaan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 06 Nov 2025 07:07
Last Modified: 06 Nov 2025 07:07
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150684
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item