HUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 NAMBARU

-, NI MADE FITRI WIDYAWATI (2019) HUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 NAMBARU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu : kinerja guru belum maksimal. Adapun
tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan
prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif
dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Inpres 2 Nambaru yang
berjumlah 16 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.
Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
dokumentasi, dan angket. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari lokasi
penelitian digunakan 2 teknik yaitu teknik deskriptif dan teknik inferensial yang
dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang Hubungan Antara Kinerja Guru
dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 2 Nambaru dengan menggunakan
persentase (%) kemudian dinarasikan untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari 16 orang siswa, terdapat 3 orang siswa atau 18,75% yang
menyatakan kinerja guru sangat baik dan 13 orang siswa atau 81,25% yang
menyatakan kinerja guru baik. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa dari 16 orang
siswa, terdapat 5 siswa atau 31,25% prestasi belajarnya baik sekali dan 11 orang
siswa atau 68,75% prestasi belajarnya baik.
Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kinerja guru dengan prestasi
belajar siswa maka dikonsultasikan pada taraf siginifikan 95% dengan kriteria
pengujian yaitu apabila rhitung < rtabel, maka Ho (hipotesis nol) diterima dan Ha
(hipotesis alternatif) ditolak, dan apabila rhitung ≥ rtabel, maka Ho (hipotesis nol) ditolak
dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan data yang ditemukan dalam
penelitian ini, bahwa analisis korelasional yang dikonsultasikan pada taraf signifikan
95% diperoleh rhitung > rtabel, atau 0,604 > 0,497. Artinya Ha (hipotesis alternatif)
diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan
yang positif dan signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa kelas V
SD Inpres 2 Nambaru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 06 Nov 2025 07:13
Last Modified: 06 Nov 2025 07:13
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150688
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item