PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VII A SMP LABSCHOOL PALU

-, MOH. AGUS (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VII A SMP LABSCHOOL PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh. Agus, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan
pecahan di kelas VII A SMP Labschool Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I)
Tegoeh S.karniman (II) H. M. Nur Yadil
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa di kelas VII A SMP Labschool Palu pada materi penjumlahan dan
pengurangan pecahan. Tujuan penelitain ini adalah untuk memperoleh deskripsi
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil
belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di
Kelas VII A SMP Labschool Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang dilakukan mengacu
pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat
komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru
dan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD, data wawancara dan data hasil belajar siswa. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Labschool Palu yang berjumlah 23
orang siswa dan dipilih 3 orang informan. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP
Labschool Palu dengan mengikuti fase-fase yakni: (1) fase menyampaikan tujuan
dan memotivasi, guru menyampaikan tujuan pembelajaran secara lisan dan
memotivasi siswa untuk bersemangat dan aktif dalam pembelajaran, (2) fase
menyajikan atau menyampaikan informasi, guru menyajikan informasi mengenai
materi yang akan diajarkan dengan metode ceramah dan Tanya jawab, (3) fase
mengorganisasi siswa kedalam kelompok belajar, guru membagi siswa kedalam
beberapa kelompok yang heterogen dan membagikan LKS (4) fase membimbing
kelompok bekerja dan belajar, guru memberikan bimbingan dan bantuan
seperlunya yang sifatnya mengarahkan agar siswa dapat menemukan jawaban dari
LKS, (5) fase evaluasi, guru meminta setiap kelompok mempresentasikan
jawaban hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, (6) fase penghargaan
kelompok, guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh
predikat baik, hebat, dan super.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatiftipe tipe STAD, Hasil Belajar; Penjumlahan
dan Pengurangan Pecahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:32
Last Modified: 07 Nov 2025 01:32
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150749
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item