MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD INPRES POMBEWE

-, WAIZAN (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD INPRES POMBEWE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Waizan, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
dengan Model Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SD Inpres Pombewe, Skripsi.
Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Arif Firmansyah.
Permasalahan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di Kelas IV. Tujuan
penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, serta mengetahui
kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan
berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
siswa kelas IV SD Inpres Pombewe yang berjumlah 12 siswa. Berdasarkan data
dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Pelaksanaan pembelajaran pada tindakan siklus II siswa dalam mengikuti
langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkat baik dalam
diskusi kelompok maupun diskusi kelas serta peningkatan hasil belajar siswa
menjawab soal tes secara tertulis. Kondisi pembelajaran pada tindakan siklus II
mengalami peningkatan dari 12 siswa semuanya dapat menjawab pertanyaan
dengan baik. Rata-rata kelas mencapai 87,91. ketuntasan belajar 100%.
Keberhasilan siswa ditandai keaktifan siswa mengikuti pembelajaran baik dalam
diskusi kelompok maupun diskusi kelas serta hasil evaluasi akhir. Indikator
keberhasilan yang ditetapkan 85% Ketuntasan Belajar Klasikal dan Daya Serap
Individu 65% sudah berhasil.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:52
Last Modified: 07 Nov 2025 01:52
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150761
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item