-, MEGAWATI NOVYANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIADI KELAS XI SMA NEGERI 1 POSO PESISIR UTARA. Sarjana thesis, UNTAD.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran guided
inquiry terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran
guided inquiry terhadap motivasi belajar siswa pada materi Termokimia di kelas XI
SMA Negeri 1 Poso Pesisir Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi
eksperimen dengan desain penelitian prates-pascates kelompok kontrol tanpa acak..
Pengambilan sampel dilakukan bedasarkan pertimbangan khusus (Sampling Purposive)
dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas
eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas XI IPA 2
berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol dengan menguunakan model pembelajaran
discovery learning. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar, angket motivasi,
RPP, dan LKPD. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif yaitu uji
data Angket serta analisis statistik inferensial yaitu uji hipotesis dengan menggunakan uji
t dua pihak. Uji hipotesis diperoleh
yaitu -1,67 ≤ 2,97 +1,67 dengan –ttabel ≤ thitung +ttabel (1 - α) , (n1 + n2 – 2)
dk = 59. H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu
menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar
siswa pada materi Termokimia. Analisis data angket motivasi belajar siswa setelah
digunakan model pembelajaran, tingkat motivasi siswa pada kelas eksperimen maupun
kelas kontrol sama-sama menunjukan sikap setuju dan dalam kategori positif. Persentase
yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 80,29% sedangkan untuk kelas kontrol
sebesar 77,68%. walaupun kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada sikap dan
kategori yang sama akan tetapi persentase tingkat motivasi siswa kelas eksperimen lebih
besar dibandingkan kelas kontrol dimana selisihnya sebesar 2,61%. Berdasarkan hasil
yang diperoleh, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
guided inquiry pada motivasi belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia L Pendidikan > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | amrillah amil |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 02:09 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 02:09 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150770 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

