PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALU

-, WIHELMINA NJAUNG (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning
terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “the non equivalent
pretest-posstest group design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive
sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas
kontrol. Intrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep fisika dalam
bentuk esai. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh
rerata skor tes akhir adalah 20,50 dengan standar deviasi sebesar 11,28.Untuk kelas
kontrol diperoleh rerata skor tes akhir 17,97 dengan standar deviasi sebesar
8,53.Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilaithitung = 3,33 dan ttabel(0.975)(58) =2,00. Ini
berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Hasil ini terdapat
pengaruh pemahaman konsep fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model problem based
learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
L Pendidikan > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 07 Nov 2025 02:15
Last Modified: 07 Nov 2025 02:15
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150771
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item