UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PERMAINAN MERAIH SASARAN BOLA DIUDARA PADA SISWA DI MTS DDI KELURAHAN BARU TOLI-TOLI

-, MUHAMMAD MIRZAL IQBAL (2018) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PERMAINAN MERAIH SASARAN BOLA DIUDARA PADA SISWA DI MTS DDI KELURAHAN BARU TOLI-TOLI. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kendala yang terjadi pada siswa kelas VIIa, pada proses pembelajaran
materi pendidikan jasmani yang masih mengalami hambatan salah satunya materi
atletik khususnya pada nomor lompat jauh gaya jongkok. Berdasarkan
permasalahan yang telah disampaikan di atas, tujuan penelitian ini adalah sebagai
berikut: “Untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dengan
permainan meraih sasaran bola di udara pada siswa kelas VIIa di MTS DDI
Kelurahan Baru Toli-Toli”. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan salah satu jenis penelitian yang
dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di
kelasnya. Sedangkan desain atau rancangan yang digunakan mengacu pada model
penelitian tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIa MTS DDI
Kelurahan Baru Toli-Toli, pada pembelajaran Penjasorkes Tahun Pelajaran
2018/2019 yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 12 siswa putra dan 8 siswa putri.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengamatan, dan
unjuk kerja terhadap lompat jauh gaya jongkok. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi aktivitas siswa
maupun guru dan lembar unjuk kerja keterampilan siswa. Diketahui bahwa
perbandingan hasil lompat jauh gaya jongkok, jika ditinjau dari nilai persentase
setiap kategori, meliputi: (1) Kategori baik sekali, pada tes awal sebesar 0%,
siklus I sebesar 0%, dan pada siklus II diperoleh sebesar 10,00%; (2) Kategori
baik, pada tes awal sebesar 45,00%, siklus I sebesar 70,00%, dan pada siklus II
adalah sebesar 80,00%; (3) Kategori cukup baik, pada tes awal sebesar 30,00%,
siklus I sebesar 30,00%, dan pada siklus II sebesar 10,00%; (4) Kategori kurang
baik, pada tes awal sebesar 25,00%, siklus I sebesar 0%, dan pada siklus II
sebesar 0%; dan (5) Kategori tidak baik, pada tes awal sebesar 0%, siklus I
sebesar 0%, dan pada siklus II sebesar 0%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 07 Nov 2025 02:49
Last Modified: 07 Nov 2025 02:49
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150774
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item