MENINGKATKAN GERAK DASAR LARI GAWANG MELALUI METODE LATIHAN DENGAN POA (PERALATAN OLAHRAGA ANAK) PADA SISWA KELAS V SD INPRES 1 TANAMODINDI

-, NUNUNG LISTIANTY (2019) MENINGKATKAN GERAK DASAR LARI GAWANG MELALUI METODE LATIHAN DENGAN POA (PERALATAN OLAHRAGA ANAK) PADA SISWA KELAS V SD INPRES 1 TANAMODINDI. Sarjana thesis, Untad.

Full text not available from this repository.

Abstract

Demi melancarkan proses pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dan
efisien dengan menerapkan media/alat bantu pembelajaran yang menarik dan sesuai
untuk anak. Sebagai gagasan, untuk membatu proses pembelajaran materi lari
gawang dapat diusahakan dengan menerapkan alat bantu pembelajaran POA.
Menerapkan media/ alat bantu POA dalam pembelajaran yang tepat adalah sangat
penting dalam pembelajaran lari gawang pada siswa SD Inpres 1 Tanamodindi.
Dengan media/alat bantu POA yang baik dan tepat, direncanakan dengan baik,
disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik siswa, aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan, maka pembelajaran gerak dasar lari gawang akan berjalan dengan
baik dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk untuk
Meningkatkan Gerak Dasar Lari Gawang Pada Siswa Kelas V SD Inpres 1
Tanamodindi melalui Metode Latihan dengan POA (Peralatan Olahraga Anak).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan di SD Inpres 1 Tanamodindi pada siswa Kelas Vb yang berjumlah
31 orang siswa. Rancangan penelitian dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus).
Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data melalui tes unjuk kerja untuk memperoleh/mengukur hasil gerak
dasar lari gawang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar gerak dasar lari gawang pada siswa kelas Vb SD Inpres 1 Tanamondidi.
Kesimpulan penelitian yaitu melalui metode latihan dengan POA ternyata dapat
meningkatkan hasil belajar secara signifikan dalam pembelajaran lari gawang. Hal
ini terbukti dari hasil penelitian pada tahap pra siklus ke siklus I mengalami
perubahan prosentase ketuntasan semula nilai 63,97 atau 35,48% mengalami
perubahan disiklus I menjadi nilai rata-rata 73,33 atau 74,19%. Selanjutnya siklus I
ke siklus II mengalami perubahan yang signifikan dari nilai 73,33 atau 74,19%
mengalami perubahan menjadi 82,47 atau 84,87% yang tuntas meskipun ada 5 siswa
yang belum tuntas dan akan diberikan pengulangan atau remidial. Dari hasil siklus II
tersebut maka penelitian tindakan kelas ini berhenti pada siklus II saja karena pada
siklus II telah memenuhi kreteria ketuntasan klasikal yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 07 Nov 2025 02:48
Last Modified: 07 Nov 2025 02:48
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150778
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item