MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERPADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 4 PALU

-, NI KADEK SUNARMI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERPADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 4 PALU. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi KPK dan FPB melalui model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together di kelas IV SDN 4 Palu?. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk memperoleh deskripsi peningkatan hasil belajar siswapada materi KPK dan
FPB melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas
IV SDN 4 Palu, dengan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc.
Taggart yang meliputi 4 komponen yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan
Tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT
terdiri dari 4 fase pembelajaran yaitu: (1) Penomoran, (2) Mengajukan Pertanyaan,
(3) Berfikir Bersama dan (4) Menjawab. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek siswa kelas
IV SDN 4 Palu dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan
10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara
dan dokumentasi.Teknik analisis data ada dua yaitu analisis data kuantitatif dan
analisis data kualitatif.Dari hasil tes awal diperoleh ketuntasan belajar klasikal
sebesar 60%.Selanjutnya penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal
sebesar 80%, adapun dari hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru pada
siklus I masing-masing pada kategori baik.Sementara hasil penelitian pada siklus II
diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 90%.Adapun dari hasil observasi
aktivitas siswa dan guru pada siklus II dalam kategori sangat baik.Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB di kelas IV SDN 4 Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:30
Last Modified: 07 Nov 2025 03:30
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150800
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item