MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBK MELALUI PEMANFAATAN TEKNIK KOLASE KELAS IV SD INPRES BARU

-, KHUSNUL MAROM (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBK MELALUI PEMANFAATAN TEKNIK KOLASE KELAS IV SD INPRES BARU. Sarjana thesis, Untad.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK melalui pemanfaatan teknik kolase. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru dan siswa di ambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta data hasil belajar yang diambil dari tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus I pengamat melihat aktivitas guru masuk dalam kategori penilaian baik. Pada tindakan siklus II pengamat melihat rata-rata aktivitas siswa dan aktivitas guru sudah masuk dalam kategori penilaian sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada tindakan Siklus I daya serap klasikal mencapai 67,65%, sedangkan pada tindakan siklus II daya serap klasikal mencapai 85,42%. berdasarkan data yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan, terjadi peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan teknik kolase dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK khususnya materi seni rupa di kelas IV SD Inpres Baru mendapat hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 07 Nov 2025 04:21
Last Modified: 07 Nov 2025 04:21
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150807
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item