PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII A SMP KATOLIK St. PAULUS PALU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

-, LIBRYANI OKTAVIA (2019) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII A SMP KATOLIK St. PAULUS PALU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Libryani Oktavia. 2018. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk
Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII A SMP Katolik St. Paulus Palu pada
Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing (I) Abd. Hamid dan Pembimbing (II) I Nyoman Murdiana.
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya pemahaman
siswa kelas VII A SMP Katolik St. Paulus Palu pada materi penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat. Hal ini disebabkan karena siswa kurang percaya diri
dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran serta pola pikir siswa yang
menganggap bahwa penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sama seperti
penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Untuk meningkatkan pemahaman
siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, maka peneliti
menerapkan metode penemuan terbimbing berbantuan media kartu posinega yang
ditempuh melalui beberapa langkah, yaitu (1) perumusan masalah, (2)
pemprosesan data dan penyusunan konjektur, (3) pemeriksaan dan verbalisasi
konjektur, dan (4) umpan balik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah
bagaimana penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan
pemahaman siswa kelas VII A SMP Katolik St. Paulus Palu pada materi
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat? Untuk menjawab permasalahan
tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan
MC.Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Data yang dikumpulkan
pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan dan
data hasil belajar siswa. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk paparan
naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode
penemuan terbimbing berbantuan media kartu posinega, pemahaman siswa dapat
meningkat sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan.
Kata kunci: metode penemuan terbimbing, pemahaman, kartu posinega.
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: amrillah amil
Date Deposited: 07 Nov 2025 05:48
Last Modified: 07 Nov 2025 05:48
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150818
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item