EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IIS SMA NEGERI 7 PALU

-, Tiwi Destiana (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IIS SMA NEGERI 7 PALU. Sarjana thesis, Untad.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2 SMA Negeri 7 Palu
berjumlah 59 siswa. Jenis dan Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas data
primer yang bersumber dari observasi proses pembelajaran, wawancara dengan
guru geografi kelas XI IIS, angket respon siswa terhaadap proses pembelajaran
dan dokumentasi penelitian, sedangkan data sekunder bersumber dari wawancara
dengan staff tata usaha, jurnal, dan buku-buku yang relevan dengan judul
penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah data reduction (mereduksi data), data display
(penyajian data), conclusion drawing (verification).Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: Efektivitas model pembelajaran Discovery Learning masih belum efektif
karena proses pembelajaran geografi terfokus pada penyelesaian materi pokok
pembelajaran, berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran masih terdapat
langkah-langkah pada indikator apersepsi, motivasi, pemberian acuan, serta
kegiatan penutup yang belum terlaksana, baik di Kelas XI IIS 1 maupun XI IIS 2.
Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran
Discovery Learning pada mata pelajaran geografi di Kelas XI IIS, yaitu: (1)
Manajemen waktu pembelajaran yang terkadang kurang efisien karena masingmasing siswa memiliki pemahaman berbeda-beda terhadap materi. (2)
Ketertinggalan materi, sehingga guru hanya mengutamakan penyelesaian materi
pelajaran. Perlu upaya perencanaan waktu sebelum proses pembelajaran,
penyesuaian antara implementasi proses pembelajaran dengan sintaks model
pembelajaran Discovery Learning, serta pemberian tugas-tugas di rumah untuk
siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
L Pendidikan > Pendidikan Geografi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 07 Nov 2025 06:25
Last Modified: 07 Nov 2025 06:25
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150827
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item