Keefektifan dari Penggunaan Strategi Frayer Model untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Sebelas MAN 2 Palu.

-, Santi (2019) Keefektifan dari Penggunaan Strategi Frayer Model untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Sebelas MAN 2 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Santi (A12115135) Keefektifan dari Penggunaan Strategi Frayer Model untuk
Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Sebelas MAN 2 Palu. Skripsi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa dan Seni, Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan
Ferry Rita.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan
strategi frayer model dapat meningkatkan kosakata siswa kelas sebelas MAN 2
Palu, khususnya dalam penguasaan kata benda yang umum, kata kerja tindakan
dan kata sifat yang deskriptif. Peneliti menerapkan metode penelitian semu yang
melibatkan grup eksperimen dan grup control. Sample penelitian ini adalah kelas
XI IIK 1 sebagai grup eksperimen dan kelas XI IIK 2 sebagai grup kontrol.
Kedua sampel tersebut dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Dalam
mengumpulkan data, peneliti memberikan pra-tes dan pasca-tes untuk kedua
grup. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antar
hasil pra-tes dan pasca-tes untuk kedua grup. Nilai rata-rata grup eksperimen
sebelum perlakuan adalah 55.6, sedangkan grup kontrol adalah 49.0. setelah
memberikan perlakuan, nilai rata rata post-test di grup eksperimen adalah 78.4
dan grup kontrol adalah 58.1. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa nilai t�amati (3.47) lebih tinggi di bandingkan nilai t-tabel (1995.8) yang
mengindikasikan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian,
penggunaan frayer model efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata
khususnya dalam penguasaan kata benda yang umum, kata kerja tindakan dan
kata sifat yang deskriptif.
Kata kunci: Frayer Model; Penguasaan Kosakata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Megawati -
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:39
Last Modified: 07 Nov 2025 07:39
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150852
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item