-, SRI WAHYUNI (2019) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Sri Wahyuni, 2019. Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku
Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Skripsi. Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing.
Munifah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana interaksi teman
sebaya dan perilaku disiplin belajar siswa, serta apakah ada hubungan positif
antara interaksi teman sebaya dengan perilaku disiplin belajar siswa. Tujuan
penelitian ini mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku
disiplin belajar siswa. Sampel yang diambil sebanyak 152 siswa. Adapun alat
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket interaksi
teman sebaya dengan perilaku disiplin belajar dengan memperoleh data tentang
frekuensi interaksi teman sebaya dan perilaku disiplin belajar siswa. Data yang
diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, dan teknik
korelasi product moment pada taraf signifikansi 95 % (α = 0.05). Berdasarkan
hasil analisis deskriptif interaksi teman sebaya diperoleh bahwa terdapat 16,45 %
siswa yang memiliki interaksi teman sebaya sangat baik, 69,73 % siswa yang
memiliki interaksi teman sebaya yang baik, 13,82 % siswa yang memiliki
interaksi teman sebaya yang tidak baik. Deskriptif perilaku disiplin belajar 9,22 %
siswa yang memiliki perilaku disiplin belajar yang sangat disiplin, 54,60% siswa
yang memiliki perilaku disiplin belajar yang disiplin, 32,89% siswa yang
memiliki perilaku disiplin belajar yang tidak disiplin dan 3,29% siswa yang
memiliki perilaku disiplin belajar yang sangat tidak disiplin. Berdasarkan hasil
penelitian keadaan product moment dengan N = 152, pada taraf kepercayaan
95% (α = 0.05). Pada diperoleh 0,159. Dengan demikian maka
> atau 0,386> 0,159. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang
menyatakan tidak ada hubungan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku
disiplin belajar ditolak. Berdasarkan penjelasan tersebut hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan
perilaku disiplin belajar.
Kata kunci : Interaksi Teman Sebaya,Perilaku Disiplin Belajar
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Megawati - |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 08:02 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 08:02 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150862 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

