IMPROVING SPEAKING SKILL THROUGH SHOW AND TELL METHOD OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ AT SMP NEGERI 13 PALU

-, GUSTI RENO (2019) IMPROVING SPEAKING SKILL THROUGH SHOW AND TELL METHOD OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ AT SMP NEGERI 13 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Gusti Reno, Nomor Stambuk A121 14 051, 2019. Meningkatkan Kemampuan
Berbicara melalui Metode Show and Tell pada Siswa Kelas Delapan di SMP
Negeri 13 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Konder Manurung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Show and
Tell meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan di SMP
Negeri 13 Palu atau tidak.. Peneliti menggunakan desain penelitian quasiexperimental yang melibatkan kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok
eksperimen menerima perlakuan, sedangkan kelompok kontrol tidak. Sampel
penelitian ini adalah Kelas E sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 31
siswa dan Kelas F sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Sampel
dipilih melalui teknik purposive sampling. Tes digunakan sebagai instrumen
pengumpulan data, instrumen tes berupa tes lisan yang terdiri dari pre-test dan
post-test. Tes diberikan kepada kelompok eksperimen dan kontrol. Pre-test
digunakan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum perlakuan, sedangkan
post-test digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah perlakuan. Nilai
rata-rata dari pre-test kelompok eksperimen adalah 50.3 sedangkan kelompok
kontrol adalah 52.1. Nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 76.3
sedangkan kelompok kontrol adalah 63.9. Hasil pre-test dan post-test dianalisis
secara statistik dengan menggunakan t-test. Dengan menggunakan level of
significance 0.05 dan degree of freedom (df) 47, hasilnya menunjukkan bahwa
nilai t-counted (9.46) lebih tinggi dari nilai t-table (2.014). Ini berarti hypothesis
diterima. Dengan kata lain, menggunakan Metode Show and Tell efektif untuk
meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas delapan di SMP Negeri 13 Palu.
Kata kunci: Meningkatkan, Kemampuan Berbicara, Metode Show and Tell

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:23
Last Modified: 07 Nov 2025 08:23
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150864
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item