ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARAWOLA

CICI AGUSTIANI (2013) ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARAWOLA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan
hasil belajar siswa dengan penggunaan media microsoft powerpoint. Metode yang
digunakan adalah metode Pra-Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian
One Group pretest-posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1
Marawola dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling.
Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk Pilihan ganda tes. Hipotesis
penelitian adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penggunaan media
microsoft powerpoint dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan pengolahan data penelitian,
diperoleh hasil pengujian hipotesis (uji-t) adalah thitung = 6,43 dan ttabel = 2,84
pada taraf signifikasi α = 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung > nilai ttabel.
Berdasarkan pengujian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pokok
bahasan sistem pencernaan yang diajarkan dengan menggunakan media microsoft
powerpoint lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran
konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Ahmad Zuhri
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:18
Last Modified: 07 Nov 2025 08:18
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150876
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item