MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARANCTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA

DEDY IRAWAN (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARANCTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu siswa
Kelas VIIA SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora, melalui penerapan pendekatan
pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini dilaksanakan
di SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora dengan jumlah siswa sebanyak 24
siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
sebanyak 2 siklus, Siklus Pertama terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan siklus keduapun demikian. Tahapan
tersebut mengikuti atau mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Data yang
diambil dari penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke
Siklus II. Hasil tes formatif siklus I diperoleh nilai ketuntasan individu 20 dari 24
lorang siswa dengan presentase daya serap klasikal sebesar 79,25% dan ketuntasan
klasikal sebesar 83,33%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan individu
sebanyak 22 dari jumlah siswa 24 orang dengan presentase daya serap klasikal
sebesar 86,13% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 91,66%.Dengan
demikian, berdasarkan hasil tersebut dapat simpulkan bahwa pendekatan
pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu kelas VIIA SMP Negeri 1 Sindue
Tombusabora.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Ahmad Zuhri
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:20
Last Modified: 07 Nov 2025 08:20
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150877
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item