IDWAR (2014) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 1 BALAESANG KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini telah dilaksanakan pada di sekolah SMA Negeri 1 Balaesang.
bertujuan untuk menentukan pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa
pada pokok bahasan ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Balaesang Kabupaten
Donggala. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain
Nonequivalent Kontrol Group Desing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X yang berjumlah 84 orang dan sampel yang digunakan adalah sebanyak
84 orang. Yang tersebar pada kelas Xa sebanyak 42 orang sebagai kelas eksperimen
dan kelas Xb sebanyak 42 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa
soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hipotesis yang diajukan
adalah terdapat efektifitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada kelas
X di sekolah SMA Negeri 1 Balaesang Kabupaten Donggala. Hipotesis diuji dengan
menggunakan uji-t Saparated Varians dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil yang
diperoleh adalah thitung > ttabel (thitung = 2,70 > ttabel = 1,76). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat efektifitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar. Hal
ini menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pengelolaan kelas lebih
baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak dilakukan pengelolaan kelas.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mr Ahmad Zuhri |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 01:24 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 01:24 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150897 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

