-, MURZIA (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B TK PKK TULO KECAMATAN DOLO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Murzia, 2016 : Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Metode Pemberian
Tugas di Kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan Dolo. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (I)
I Putu Suwika, (II) Muraeni Mursanib.
Kata kunci : Motivasi belajar, Metode pemberian tugas
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode pemberian tugas
dapat meningkatkan motivasi belajar anak di kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan
Dolo?. Tujuan penelitian ini ntuk meningkatkan motivasi belajar anak melalui metode
pemberian tugas di kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan Dolo. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Juli 2015 di TK PKK Tulo Kecamatan Dolo dengan
melibatkan seluruh anak di kelompok B yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 6
orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Penelitian ini dibagi menjadi 3
tahap yaitu pra tindakan, siklus I, dan Siklus II untuk melihat sejauh mana perubahan
yang ditunjukkan oleh anak tentang peningkatan motivasi belajar anak sebelum dan
setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Untuk mengukur peningkatan
motivasi belajar anak melalui penggunaan metode pemberian tugas, dilakukan
dengan cara penilaian terhadap aspek antusias mengikuti materi pembelajaran, aktif
mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap
motivasi belajar anak setelah dipergunakan metode pemberian tugas di dalam kelas
sebagai metode pembelajaran oleh guru pada anak didik di kelompok B TK PKK
Tulo Kecamatan Dolo. Hal ini dapat dilihat pada perolehan hasil penilaian akhir dari
kegiatan penelitian ini, yaitu kategori berkembang sangat baik pada penilaian antusias
mengikuti materi pembelajaran ada 4 orang (33,33%), aktif mengerjakan tugas
terdapat 4 orang (33,33%), dan mengumpulkan tugas tepat waktu terdapat 4 orang
anak (33,33%). Melihat perolehan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan
bahwa melalui penggunaan metode pemberian tugas di dalam proses pembelajaran di
kelompok B TK PKK Tulo Kecamatan Dolo dapat membantu meningkatkan motivasi
belajar anak
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Bayu Anggara Permana |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 01:42 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 01:42 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150900 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

