PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) KELAS IX DI SMP NEGERI 1 PALOLO KABUPATEN SIGI

ALFIANY (2014) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) KELAS IX DI SMP NEGERI 1 PALOLO KABUPATEN SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tingkat
pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
(Biologi) Kelas IX di SMP Negeri 1 Palolo. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif yaitu menggambarkan keadaan di tempat pengamatan serta
dideskripsikan secara faktual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IX dengan jumlah siswa 180 orang dan sampelnya berjumlah 48 siswa atau
20% dari jumlah polulasi. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah
tingkat pendidikan orang tua dan hasil belajar siswa yaitu nilai siswa pada mata
pelajaran IPA (Biologi) di semester genap tahun ajar 2012/2013. Pada penelitian
ini teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis korelasi. Dalam
pengolahan data, peneliti menggunakan rumus korelasi statistika Produk moment
dengan tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis antara variabel X dan
variabel Y menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel atau 0.306 > 0,284 pada
taraf signifikan 5% Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh tingkat pendidikan
orang tua dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Palolo

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Ahmad Zuhri
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:09
Last Modified: 10 Nov 2025 02:09
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150920
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item