MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERTIF LEARNING TIPE NUMBEREAD HEADS TOGETHER PADA SDN NOKE KECAMATAN KULAWI KABUPATEN SIGI BIROMARU

-, YODI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERTIF LEARNING TIPE NUMBEREAD HEADS TOGETHER PADA SDN NOKE KECAMATAN KULAWI KABUPATEN SIGI BIROMARU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yodi, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V
melalui Model Pembelajaran Koopertif Learning Tipe Numberead Heads
Together pada SDN Noke Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi Biromaru. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif
Firmansyah.
Rendahnya hasil belajarnya siswa kelas V, Karena guru cenderung
menyampaikan materi, sementara siswa mendengarkan materi yang disampaikan.
Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran menyenangkan, kreatif dan
inovatif, guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekaligus bisa membantu
siswa melihat manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dunia
nyata serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan
pengalaman belajarnya, salah satunya adalah model kooperatif tipe Numbered
Head Together (NHT). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar
IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran
pada siswa kelas V SDN Noke. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berakhir pada siklus II
karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V
SDN Noke berjumlah 38 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 26 perempuan. Hasil
ketuntasan klasikal yang dicapai pada tes hasil belajar siklus I sebesar 76,3% atau
terdapat 29 siswa yang tuntas dari 38 jumlah siswa. Persentase ketuntasan klasikal
siklus I ini menunjukkan belum mencapai indikator keberhasilan belajar yaitu
80%. Sehingga dilanjutkan penelitian pada tahap selanjutnya (siklus II). Hasil
yang diperoleh pada siklus II lebih baik dari pada hasil siklus I, dimana ketuntasan
belajar klasikal mencapai 94,7% atau terdapat 36 siswa yang tuntas dari 38 siswa.
Hal tersebut berarti bahwa tingkat kemampuan siswa dalam pembelajaran ratarata dalam kategori sangat baik, meskipun masih terdapat 2 siswa yang belum
tuntas secara individu. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa setelah
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal mencapai 94,7% dan rata-rata
hasil belajar adalah 7,6.
Kata Kunci: Model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil
Belajar, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:32
Last Modified: 10 Nov 2025 02:32
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150926
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item