PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 SIGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TIPE STAD

-, NURINAYAH (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 SIGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TIPE STAD. Sarjana thesis, UNTAD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar
fisika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi melalui model pembelajaran kooperatif
tipe Make a Match dan tipe STAD. Desain penelitian yang digunakan yaitu “Post�test only comparison group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi. Teknik sampel yang digunakan yaitu
purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas
eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dan kelas VII B sebagai kelas kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Instrumen yang digunakan yaitu tes
hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi. Skor rata�rata hasil belajar fisika yang diperoleh untuk kelas eksperimen 1 yaitu 15,83
dengan standar deviasi 3,03 dan skor rata-rata untuk kelas eksperimen 2 yaitu
14,10 dengan standar deviasi 2,74. Dari hasil uji hipotesis yang menggunakan uji�t dua pihak diperoleh thitung sebesar 2,31 pada taraf signifikasi α = 0,05 dan ttabel =
2,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika antara
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan
tipe STAD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Matematika dan IPA > Fisika
Q Science > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA > Fisika
Library of Congress Subject Areas > Q Science > Fisika
Depositing User: Ika Selfia
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:45
Last Modified: 10 Nov 2025 02:45
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150940
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item