Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Metode Kerja Kelompok di SD BK Puro’o.

-, Bobi Harpindeks (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Metode Kerja Kelompok di SD BK Puro’o. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bobi Harpindeks. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata
Pelajaran Pkn Melalui Metode Kerja Kelompok di SD BK Puro’o. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I), Arif Firmansyah,
Pembimbing (II), Rizal.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn kelas IV SD BK Puro’o melalui metode kerja kelompok. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang siswa yang
terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan
dengan model penelitian yang mengacu pada modifikasi spiral yang meliputi: 1)
perencanaan. 2) pelaksanaan tindakan. 3) observasi. 4) refreksi. Data dikumpulkan
dengan cara observasi dan tes. Penelitian berlangsung dalam dua siklus dengan
hasil tes awal menunjukkan bahwa 10 siswa tidak tuntas belajar dan 2 siswa
tuntas belajar sehingga ketuntasan belajar klasikal mencapai 16,67% dan daya
serap klasikal hanya mencapai 61.67%. Adapun hasil penelitian menunjukkan
bahwa berdasarkan hasil observasi aktivitas guru di siklus I dengan persentasi
55% dan 65% dengan kategori baik kemudian meningkat di siklus II menjadi 75%
dan 90% pada kategori sangat baik. Aktivitas siswa dengan persentase 56,25%
dan 75% kategori baik kemudian meningkat di siklus II menjadi 75% dan 87,50%
dengan kategori baik. Hasil tes siklus I rata rata daya serap klasikal mencapai
65.83% dimana 5 siswa mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 70 (KKM)
yang artinya ketuntasan belajar secara klasikal baru mencapai 41,67%. Siklus II
rata-rata daya serap klasikal 81.67%. Siswa yang mendapat nilai lebih dan atau
sama dengan 70 (KKM) adalah 11 siswa artinya ketuntasan belajar klasikal
mencapai 91,67% atau sudah tuntas secara klasikal. Kesimpulan dan penelitian ini
adalah metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
SD BK Puro’o karena telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan.
Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Kerja Kelompok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Megawati -
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:10
Last Modified: 10 Nov 2025 03:10
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150947
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item