PERILAKU BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN PALU BARAT KOTA PALU

-, DIKY JULIANTO PRATOMO (2019) PERILAKU BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN PALU BARAT KOTA PALU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diky Julianto Pratomo, Stambuk B 401 16 023, Judul Skripsi “Perilaku
Birokrasi Dalam Pelayanan Pubik Di Kantor Kecamatan Palu Barat Kota
Palu”. Dibimbing oleh Bapak H. Sasterio, Dimana dalam penelitian ini peneliti
ingin mengetahui bagaimanakah Periaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di
Kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dan dasar penelitian
kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Siagian tentang perilaku organisasi
yang diukur dengan indikator seperti peduli, disiplin, peka, dan tanggung jawab.
Dalam penelitian ini pemilihan informan diambil secara purposive sebanyak 8
orang, dimana peneliti secara sengaja akan memilih orang-orang yang dipandang
memahami masalah yang diteliti. Yang menjadi informan dalam penelitian ini
adalah Camat Palu Barat, Sekertaris Camat Palu Barat, Kepala Sub Bagian
Kepegawaian dan Umum Kantor Camat Palu Barat, Seksi Pelayanan Umum
Kantor Camat Palu Barat, serta 4 masyarakat Kecamatan Palu Barat Kota Palu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Perilaku
Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu
belum berjalan dengan baik dalam memenuhi ke 4 ( empat ) aspek berikut ialah
peduli, disiplin, peka, dan tanggung jawab. Adapun indikator yang sudah berjalan
dengan baik dalam melihat Perilaku Birokrasi dalam Pelayanan Publik Di Kantor
Kecamatan Palu Barat Kota Palu adalah indikator peduli, peka, dan tanggung
jawab. Serta adapun indikator yang belum berjalan dengan baik Adalah indikator
disiplin. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut: indikator disiplin belum cukup
baik yang didasari dengan aparat birokrasi Kecamatan Palu Barat belum maksimal
mengenai kedisiplinan waktu dalam menjalankan tugas mereka sebagai
instrument penting pemerintah dalam menciptakan pelayanan publik yang baik,
sehingga masyarakat menilai sikap kedisiplinan aparat birokrasi Di Kantor
Kecamatan Palu Barat belum berjalan dengan maksimal.
Kata Kunci : Perilaku Birokrasi, Peduli, Disiplin, Peka, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Megawati -
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:14
Last Modified: 10 Nov 2025 03:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150950
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item