MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK AL - ABRAR KECAMATAN KINOVARO KABUPATEN SIGI

-, YUNIATI BEDOLO (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK AL - ABRAR KECAMATAN KINOVARO KABUPATEN SIGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuniati Bedolo, (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak
Melalui Kegiatan Menggunting Kertas pada Anak Kelompok B TK Al-Abrar
Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Proposal Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Muraeni Mursanib
(II) Haerul Annuar.
Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu kemampuan motorik halus anak belum
berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meggunting kertas. Subjek dan
setting penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 20 anak, terdiri dari 13 anak
laki-laki dan 7 anak perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan
secara bersiklus, dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali tindakan. Data
yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan pemberian tugas,
selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Data pra tindakan, aspek kekuatan jari –
jemari kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 10%, Berkembang Sesuai
Harapan (BSH) 15%, Mulai Berkembang (MB) 15%, dan Belum Berkembang
(BB) 60%. Ketepatan menggunting kategori BSB 10%, BSH 15%, MB 20% dan
BB 55%. Kerapian menggunting kategori BSB 10%, BSH 15%, MB 15% dan BB
60%. Setelah dilakukan tindakan melalui kegiatan menggunting kertas dapat
meningkatkan kemampuan motorik halus anak, terbukti ada peningkatan dari
tindakan siklus I ke tindakan Siklus II. Kekuatan jari-jemari kategori BSB, BSH
dan MB dari 75% menjadi 100%. Ketepatan menggunting kategori BSB, BSH
dan MB dari 85% menjadi 100%. Kerapian menggunting kategori BSB, BSH dan
MB dari 85% menjadi 100%. Adapun peningkatan rata-rata dari tindakan Siklus I
ke tindakan Siklus II, yaitu 18,33% kategori BSB, BSH, dan MB. Sudah tidak ada
kemampuan motorik halus anak yang menunjukan kategori BB. Hasil penelitian
membuktikan bahwa melalui kegiatan menggunting kertas dapat meningkatkan
kemampuan motorik halus anak di Kelompok B TK Al-Abrar Kecamatan
Kinovaro Kabupaten Sigi.
Kata Kunci : Kegiatan Menggunting Kertas, Kemampuan Motorik Halus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:48
Last Modified: 10 Nov 2025 03:48
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150976
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item