PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIFTEKNIK THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVINGPADA MATERI HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SMAN 6 PALU

-, EKANOVI PRATIWI A. DURUFIN (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIFTEKNIK THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVINGPADA MATERI HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SMAN 6 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekanovi Pratiwi A.Durufin, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Think Aloud Pair
Problem Solving Pada Materi Hidrokarbon Pada Siswa Kelas X SMAN 6 Palu. Program Studi PendidikanKimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I) Sri Mulyani Sabang (II) Irwan Said. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkanmodel pembelajaran kolaboratif teknik Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan siswa yangditerapkan model pembelajaran ceramah pada materi hidrokarbon pada siswa kelas X SMAN 6 Palu. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMAN 6 Palu yang terdaftar
pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas eksperimen sebanyak 17 orang dan siswa kelas kontrol
sebanyak 18 orang. Teknik analisis data menggunakan metode statistik non parametrik analisis Mann- Whitney U-test. Hasil penelitian menunjukkan output rankuntuk nilai mean kelas eksperimen lebih besar dari
kelas kontrol yaitu 22,41˃13,83. Output test statistic, Sig. 2-tailed (0,13) ˂ 0,05 dan Uhitung (78) ˂ Utabel
(93). Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang diterapkan model
pembelajaran kolaboratif teknik think aloud pair problem solving (TAPPS) dan siswa yang diterapkan model
pembelajaran ceramah pada materi hidrokarbon pada siswa kelas X SMAN 6 Palu.
Kata Kunci: Pembelajaran kolaboratif, think aloud pair problem solving, hidrokarbon, non parametrik,
mann-whitney u-test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
L Pendidikan > Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 11 Nov 2025 00:59
Last Modified: 11 Nov 2025 00:59
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150985
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item