PENGGUNAAN MODIFIKASI LEMBING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS V.A SEKOLAH DASAR NEGERI 15 PALU

-, A N T O N (2012) PENGGUNAAN MODIFIKASI LEMBING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS V.A SEKOLAH DASAR NEGERI 15 PALU. Sarjana thesis, Untad.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana siswa dalam pembelajaran
lempar lembing dengan penggunaan modifikasi. lembing
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan di SD Negeri 15 Palu tahun pelajaran 2011/2012 pada siswa Kelas
V.A yang berjumlah 35 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah
penelitian Tindakan Kelas, dimana penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan
(siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja untuk memperoleh/mengukur
kemampuan lempar lembing dan observasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadinya peningkatan penggunaan
modifikasi lembing dalam peningkatan hasil belajar lempar lembing pada siswa kelas
V.A SD Negeri 15 Palu. Hal itu tampak pada perolehan ketuntasan belajar secara
individu 81,86% dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 91,43% dan (2)
Aktivitas siswa selama pembelajaran tampak lebih aktif sejak dari tindakan I hingga
tindakan II, tampak rata-rata waktu aktivitas siswa sebesar 73,75%, hal ini berarti bahwa
siswa belajar dengan penuh antusias, sementara waktu yang tidak efektif hanya sebesar
10,83% atau peningkatan keaktifan siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 78,34%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
L Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Anti Anti
Date Deposited: 10 Nov 2025 05:20
Last Modified: 10 Nov 2025 05:20
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/150997
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item