-, AISNA (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERKOMUNIKASI DI KELOMPOK B PAUD MELATI DESA PETAPA KECAMATAN PARIGI TENGAH KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan anak berkomunikasi belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode bermain peran terhadap kemampua anak berkomunikasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan yang sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan tahun ajaran 2018/2019.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan Teknik presentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar 5,671 dengan signifikan 0,000. Karena Sig < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan, dari analisis deskriptif, nilai rata-rata kemampuan anak berkomunikasi, terdapat 22% dalam kategori BSB, ada 47% dalam kategori BSH, ada 17% dalam kategori MB, dan ada 14% dalam kategori BB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan anak berkomunikasi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
| Depositing User: | sanintang sani |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 06:00 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 06:00 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151009 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

