TOLODO, RATNIATI (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUANJIGSAW PUZZLE COMPETITIONPADA SISWA KELAS VII BSMP NEGERI 2 BIROMARU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Biromaru. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIIB SMP Negeri 2 Biromaru merupakan masalah yang dialami oleh guru IPA. Alternatif yang dipilih untuk mengatasi masalah itu adalah penggunaan pendekatan Kontekstual Berbantuan Jigsaw Puzzle Competition. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Biromaru, dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi pokok besaran dan pengukuran. Setiap siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) observasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Kontekstual Berbantuan Jigsaw Puzzle Competition dapat meningkatkan hasil belajar IPA fisika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Biromaru. Hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,00% dan daya serap klasikal sebesar 74,32%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,00% dan daya serap klasikal sebesar 82,64% yang artinya sudah melebihi standar ketuntasan belajar siswa. Untuk hasil observasi aktifitas siswa dan guru pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II observasi aktivitas siswa dan guru berada pada kategori baik dan sangat baik
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mr Ahmad Zuhri |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 06:31 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 06:31 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151025 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

