-, ASTOMO A MOIDADY (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN PEMBINA LIANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
Astomo A. Moidady 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation di Kelas IV
SDN Pembina Liang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Dosen Pembimbing (I) Supriyatman, Pembimbing (II) Abdul Rahman.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada mata
pelajaran IPA kelas IV SDN Pembina Liang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan
model pembelajaran group investigation di kelas IV SDN Pembina Liang. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 7
orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri
atas dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pada tes awal nilai rata-rata siswa 53,84 dan ketuntasan belajar klasikal
15,38%. Hasil penelitian, aktivitas guru siklus I berada pada kategori kurang
dengan presentase 63,04% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 91,30% atau
berada pada kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori
kurang dengan presentase 60,86% kemudian meningkat pada siklus II menjadi
85,86% atau berada pada kategori baik. Hasil tes tindakan siklus I menunjukan nilai
rata-rata siswa 55,38 dan ketuntasan belajar klasikal 38,46. Hasil tes tindakan siklus
II menunjukan nilai rata-rata siswa 83,84 dan ketuntasan belajar klasikal 92,30%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
SDN Pembina Liang.
Kata kunci : Hasil belajar, IPA, Model Pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | okky anugrah |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 00:41 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 00:41 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151056 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

