PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPESTAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LINGKARAN DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 18 PALU

-, INKA LESTARI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPESTAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LINGKARAN DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 18 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inka Lestari. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Daerah
Lingkaran di Kelas VIIIA SMP Negeri 18 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd. Hamid
dan Pembimbing (II) Evie Awuy.
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
materi keliling dan luas daerah lingkaran di SMP Negeri 18 Palu. Hal ini disebabkan
antara lain kurangnya ketelitian dalam memahami masalah, kurangnya motivasi siswa
untuk belajar sendiri dan juga siswa cenderung hanya menghafal rumus tanpa
memahami konsep dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam
memahami konsep matematika khususnya pada materi keliling dan luas daerah
lingkaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen
dalam setiap siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar
observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar siswa. Pada penelitian
yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa hasil belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 18
Palu mengalami peningkatan yang ditunjukkan dari persentase ketuntasan belajar
klasikal pada siklus I sebesar 66,66% sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal
pada siklus II sebesar 86,36%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dalam menyelesaikan masalah keliling dan luas daerah lingkaran di
kelas VIIIA SMP Negeri 18 Palu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: fase
penyajian kelas, fase belajar kelompok, fase membimbing kelompok dalam belajar
dan bekerja, fase evaluasi, fase penghargaan kelompok.
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Keliling dan Luas Daerah
,Lingkaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:27
Last Modified: 11 Nov 2025 01:27
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151064
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item