PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GERAK LURUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA ASADIYAH TOLAI

-, IRAWAN (2018) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GERAK LURUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA ASADIYAH TOLAI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irawan, 2018. Pengaruh Pendekatan Scientific Model Discovery Learning Pada
Materi Gerak Lurus Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Asadiyah Tolai.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing (I) Dr. Supriyatman, M.Pd.(II) Dr. Darsikin, M.Si.
Kata Kunci: Pendekatan Scientific Model Discovery Learning, Hasil Belajar Fisika
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
pendekatan scientific model discovery learning pada materi gerak lurus terhadap hasil
belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan
dengan menggunakan pendekatan scientific model discovery learning dan kelas
control menggunakan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai,
kedua kelas kembali diberikan test akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil
dari kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas control
berturut-turut adalah 6,27 dan 5,75 untuk tes awal, sedangkan untuk tes akhir rataratanya adalah 13,58 dan 9,89. Dari hasil analisa data tesakhir yang ada diperoleh
nilai t tabel 1,67 sedangkan nilai t hitung 4,67. Hal ini menunjukan bahwa nilai t
hitung berada diluar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1
diterima. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang
diterapkan pendekatan scientific model discovery learning pada materi gerak lurus
terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai dengan kelas yang
diterapkan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh pendekatan scientific model discovery learning pada materi
gerak lurus terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
L Pendidikan > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: okky anugrah
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:08
Last Modified: 11 Nov 2025 01:08
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151073
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item