PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN PRAKTIKUM ALAT SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 7 PALU

OKA SAPUTRA (2014) PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN PRAKTIKUM ALAT SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 7 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 7 Palu setelah diterapkan model problem-based learning menggunakan praktikum alat sederhana. Sampel penelitian adalah siswa kelas XB SMA Negeri 7 Palu. Dimana sampel penelitian terdiri dari 7,8 20 orang siswa kelas XB.Hasil analisis data menunjukkan bahwaskor rata-rata tes awal sebesar dan skor rata-rata sebesar13,05.Pengujian hipotesis menggunakan statistik tes non akhir parametrik uji Wilcoxon diperoleh W hitung= 0Wtabel= 60pada α = 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu Whitung< Wtabel dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning menggunakan praktikum alat sederhana. Hal ini disebabkan oleh model Problem Based Learning menggunakan praktikum alat sederhana mengharuskan siswa aktif dan membiasakan untuk berpikir kreatif, hal tersebut menyebabkan siswa menyelesaikan masalah dengan cara yang fleksibel dan mempunyai alasan mengapa memilih cara tersebut (elaborasi)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
L Pendidikan > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Ahmad Zuhri
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:14
Last Modified: 11 Nov 2025 01:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151076
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item