-, MIRNAWATI RUSDIN (2011) PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN INTERBLOK DI AREAL TERMINAL PETI KEMAS PT. ALKAN ABADI DI KELURAHAN BAIYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS TADULAKO.
Full text not available from this repository.Abstract
inal Peti Kemas PT. Alkan Abadi di Kelurahan Baiya. (dibimbing oleh Peter L.
Barnabas dan Nur Hidayat).
Terminal Peti Kemas PT. Alkan Abadi merupakan salah satu Terminal Peti
Kemas yang sangat dibutuhkan seiring dengan berkembangnya aktifitas perdagangan
di kota Palu. Secara umum kondisi perkerasan di areal terminal peti kemas PT. Alkan
Abadi cukup baik namun pada beberapa titik baik di jalan masuk maupun di lokasi
lapangan penumpukan mengalami kerusakan yang menunjukkan bahwa perkerasan
tersebut memikul beban yang berlebihan yang diakibatkan oleh kendaraan yang
melakukan bongkar muat maupun peti kemas yang ada di lapangan penumpukan.
Untuk mengetahui tebal lapisan perkerasan yang sesuai serta memadai maka
digunakan metode Analisa Komponen dan metode Tanpa Bahan Pengikat (Unbound
Method). Penelitian diawali dengan pengambilan data curah hujan serta data ukuran
dan berat peti kemas yang diperoleh dari instansi terkait, survey dilakukan untuk
mengumpulkan data lalu lintas kendaraan yang melakukan bongkar muat, data CBR
diperoleh dari pengujian di Laboratorium yaitu pengujian CBR rendaman (soaked
CBR) dan tanpa rendaman (unsoaked CBR).
Dengan menggunakan parameter, rumus dan nomogram dari metode Analisa
Komponen dan metode Tanpa Bahan Pengikat (Un Bound Method), untuk jalan
masuk diperoleh hasil lapisan permukaan (surface) menggunakan interblok dengan
tebal 8 cm, lapis pasir perata (sand bedding) dengan tebal 5 cm, lapis pondasi atas
(base) menggunakan batu pecah kelas A (CBR 100) dengan tebal 20 cm dan lapis
pondasi bawah (sub base) menggunakan sirtu/ pitrun kelas A (CBR 70%) dengan
tebal 20 cm. Sedangkan untuk lapangan penumpukan diperoleh hasil lapisan
permukaan (surface) menggunakan interblok dengan tebal 8 cm, lapis pasir perata
(sand bedding) dengan tebal 5 cm, lapis pondasi atas (base) menggunakan batu pecah
kelas A (CBR 100) dengan tebal 20 cm dan lapis pondasi bawah (sub base)
menggunakan sirtu/ pitrun kelas A (CBR 70%) dengan tebal 20 cm.
Kata Kunci : Kendaraan, Peti Kemas, Tebal Perkerasan, Metode Analisa Komponen,
Metode Tanpa Bahan Pengikat (Unbound Method).
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Tadulako University - Divisions > Fakultas Teknik > Teknik Sipil T Technology > Teknik Sipil |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil Library of Congress Subject Areas > T Technology > Teknik Sipil |
| Depositing User: | arsyad arsyad |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 01:30 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 01:30 |
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151082 |
| Baca Full Text: | Baca Sekarang |

