PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII G SMP NEGERI 18 PALU

-, MARYANTO (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII G SMP NEGERI 18 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maryanto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Perkalian dan Pembagian Bentuk
Aljbar di Kelas VII G SMP Negeri 18 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Baharuddin (II) Tegoeh S.
Karniman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bentuk
aljabar di kelas VII SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian
Kemmis dan Mc.Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran koopertif tipe TPS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi perkalian dan pembagian bentuk aljabar, dengan mengikuti fase-fase
sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, guru
menyampaikan tujuan pembelajaran secara lisan dan memotivasi siswa untuk
bersemangat dan terlibat aktif dalam pembelajaran (2) menyajikan informasi, guru
mendeskripsikan secara singkat tentang fase-fase model pembelajaran kooperatif
tipe TPS (3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok, guru mengelompokkan
siswa menjadi sepasang siswa dalam satu kelompok (4) a. think, guru meminta
siswa mempelajari materi dan mengerjakan LKS secara mandiri; b. pair, guru
meminta siswa mendiskusikan jawaban LKS dengan pasangannya; c. share, guru
meminta beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya; dan (5)
pemberian kesimpulan, guru membimbing siswa membuat kesimpulan. Subjek
penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIG SMP Negeri 18 Palu yang
berjumlah 27 orang.
Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Perkalian dan Pembagian
Bentuk Aljabar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Tadulako University - Divisions > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bayu Anggara Permana
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:31
Last Modified: 11 Nov 2025 02:31
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/151108
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item